Breaking News

Teknik Membendung Bola ( Blocking ) Dalam Bermain Bola Voli

Teknik Membendung Bola ( Blocking ) Dalam Bermain Bola Voli

Dalam permainan bola voli ( Volley ball) tentu kita mengenal intilah blocking. Block (blocking) adalah upaya untuk membendung serangan dari lawan. Untuk dapat melakukan block secara rapi dan berhasil diperlukan latihan yang banyak dan adanya kemampuan yang keras.

Pada kesempatan kali ini saya akan menerangkan tentang teknik blocking yang baik secara sederhana. Sikap memblok yang benar adalah:
  1. Jongkok, bersiap untuk melompat. Gerakan lompatan bisa secara otomatis dilakukan pada saat permainan berlangsung 
  2. Lompat dengan kedua tangan rapat dan lurus ke atas. Pada saat posisi melayang kedua tangan bisa secara aktif ke berbagai arah untuk menghindari bola dari arah yang tidak diduga.
  3. Saat mendarat hendaknya langsung menyingkir dan memberi kesempatan pada kawan satu regu untuk bergantian melakukan block.


Catatan: Blocking ada dua macam. 1. block tunggal 2. block ganda Block tunggal adalah membendung bola yang dilakukan oleh satu orang pemain Block ganda adalah membendung bola yang dilakukan oleh dua orang pemain atau lebih.Hal yang harus diperhatikan dalam melakukan block ganda antara lain adalah memadukan langkah kaki dan kerjasama antar blocker dalam menentukan waktu lompatan dan arah pergerakan bola.

Itulah materi teknik membendung bola (blocking) dalam bermain bola voli yang bisa saya bagikan mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan buka halaman berikutnya untuk referensi yang lain.dan jangan lupa tinggalkan komentar atau kritiknya sebagai bahan koreksi penulis.  
                                                                

0 Komentar

© Copyright 2022 - PORTAL NEWS